0

Cara Merawat Komputer dan Laptop

Punya Komputer ataupun Laptop di zaman sekarang itu udah biasa. Ga ada orang yang ga kenal kedua benda tersebut dan saudara-saudaranya. Tak khayal, anak-anak di masa sekarang ini banyak yang gila teknologi.


Walaupun begitu, masih banyak orang orang yang tak mengerti bagaimana cara merawat teknologi yang mereka miliki. Bukan hal yang aneh kalau mereka suka gonta ganti barang elektronik dengan alasan yang lama sudah rusak.

Nah, maka dari itu aku mau sedikit membagi informasi kepada kalian agar komputer ataupun laptop kalian lebih awet dan tak mudah rusak.

  1. Bersihkan komputer atau laptop kalian minimal 3 hari sekali. Tapi untuk bagian screennya, kalian bisa bersihkan setiap hari karena layar yang kotor itu sangat mengganggu sekali.
  2. Untuk Komputer tabung, gunakanlah penutup komputer agar debu yang beterbangan tak masuk ke dalam mesinnya.
  3. Untuk komputer, bersihkan bagian dalam CPU dari debu dengan rutin. Minimal satu minggu sekali. Jadi, bagi kalian yang punya komputer sebaiknya tak hanya membersihkan bagian-bagian luarnya saja tapi juga bagian dalamnya. Takut-takut ada debu yang masuk ke komponen komputer dan membuat suatu gangguan.
  4. Untuk laptop, jangan sekali sekali kalian meletakkan laptop di atas tempat tidur, di atas bantal atau semacamnya, di atas pangkuan. Ini dapat menghambat jalan keluarnya panas dari dalam laptop. Ini bisa membuat udara panas dari dalam laptop tidak keluar dan kembali lagi ke dalam. Hal ini bisa membuat mesin laptop kalian menjadi panas dan konslet. Sebaiknya di letakkan di tempat yang datar dan ada alasnya.
  5. Jangan menyalakan komputer dan laptop melampaui batas dan tak ingat waktu. 
  6. Gunakanlah software antivirus yang paling aman dan selalu update. Tak sedikit masyarakat yang mengeluhkan adanya virus yang membuat komputer atau laptop mereka ngadat bahkan sampai Operating Systemnya pun tak merespon ketika dioperasikan.
  7. Selalu biasakan me-Scan terlebih dahulu apapun yang masuk ke komputer atau laptop kalian. Siapa tahu, apa yang kalian masukkan itu membawa virus.
  8. Sebaiknya ketika kalian mengunduh suatu file dari internet, pastikan file itu aman. Jadi kalian harus selektif dalam memilih, jangan hanya asal mengunduh. Takutnya kalian malah mengunduh virus. 
  9. Jangan meletakkan benda-benda yang memiliki radiasi kuat di dekat komputer atau laptop. Misalnya Handphone.
  10. Gunakanlah stabilizer pada komputer dan kipas pendingin pada laptop.
Mungkin itu saja yang dapat aku bagikan kepada kalian, soalnya itu yang biasa aku lakukan ke komputer dan laptopku. Dan terbukti, sampai sekarang tak ada masalah serius yang aku hadapi.
Selamat mencoba ! Salam :)

0 coretan:

Back to Top